Artikel dan Tulisan

Perjalanan Spiritual Ngopi Seseorang

Perjalanan Spiritual Ngopi Seseorang - Ben Filosofi Kopi

(Pada setiap seduhan ada berbagai macam solusi yang ditawarkan)

Bicara tentang kopi pasti adalah sebuah rutinitas yang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan, bagi masyarakat secara umum ngopi adalah budaya yang erat kaitannya dengan kewajiban dalam menjalani hari-hari, minuman kopi sebenarnya mengandung berbagai jenis zat yang bersifat psikotropika salah satu yang populer adalah kafein, dimana hal ini mampu menstimulus tubuh meningkatkan hormon-hormon perangsang kita yaitu hormon kortison dan adrenaline.

Perjalanan Spiritual Ngopi Seseorang

Jadi setelah itu akan berefek menciptakan hormon kebahagiaan kita secara absolut, misalnya menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan kesadaran mental, pikiran jadi lebih fokus dan adakalanya kopi membuat tubuh kita lebih berenergi termasuk berasa lebih bahagia aja bagi setiap peminumnya.

Tapi dari sekian banyak nuansa positif itu sebenarnya ada hal unik yang mungkin ini hanya dialami sebagian orang peminum kopi pada umumnya. “sejarah lidah menemukan kopi terbaiknya”
hmm,  tidak semuanya si, yaa di nusantara mungkin, ehh enggak deng, tidak seluruh penikmat nusantara, tapi setidaknya saya alami sendiri yang menjalani profesi menjadi penikmat kopi bermula dari kopi sachet. (Ya kita tau sendiri lah betapa kuatnya legenda brand kopi kapal air itu, hehe).

Baca:  Bagus Setya dan Bagus Tuhu

Kopi sachet menjadi bagian hidup saya jauh sebelum saya mengenal wanita atau lebih tepatnya sebelum hati saya tergores oleh wanita-wanita yang pernah singga dalam kehidupan saya, (sekitar kelas 6 SD) pada waktu itu jenis kopi sachet menjadi rutinitas dalam mencukupi kebutuhan kafein sehari-hari, setelah berbagai macam kopi sachet aku coba, dari yang memploklamirkan semangat untuk Indonesia, tidak bikin kembung, terus kopi yang banyak rasa, sampai kopi yang kata idola saya harus membongkar kebiasaan lama itupun juga menjadi bagian hidup saya, dan bisa dibilang saya cukup istiqomah disitu.


Perjalanan Spiritual Ngopi Seseorang

Sampai akhirnya mulai sadar bahwa saya harus keluar dari zona nyaman pengalaman kopi sachet saya, mulai dari mencoba kopi racikan sendiri, mencoba berbagai cita rasa kopi original, menyeduh kopi dengan cara berbeda mulai dari tubruk, French pres, cold brew, drip. Sampai robusta dan arabika menjadi kalimat terpenting saya ketika membahas tentang kopi.

Dan kopi sachet pada akhirnya tinggal kenangan seperti mantan yang dulu pernah tapi kehidupan harus terus berjalan, kenangan memang tak boleh dilupakan karena kopi sachet adalah bagian momen yang pernah saya alami, dia adalah bagian hidup saya teman sekaligus pahlawan karena justru berawal kopi sachet lah saya bisa menikmati kopi dan lebih mengetahui tentang kopi.

Baca:  Mau Tahu Dimana Salinan Rekaman Lagu Indonesia Raya DiSimpan? Ini Tempatnya

Untuk kopi sachet meskipun akhir akhir ini kau tidak terlalu digemari, teruslah berkarya jangan perna berhenti berinovasi dan melayani masyarakat dunia khususnya masyarakat negeri ini, karena kopi yang enak akan menemukan penikmatnya “Ben Filosofi Kopi”.

Comments
To Top