Berita Pilihan

Ini 6 Aset Vladimir Putin, Ngalahin Orang Paling Kaya di Dunia

Russian President Vladimir Putin

Pada 19 Maret lalu, Vladimir Putin kembali memenangkan pemilihan presiden Rusia. Pria yang disebut punya kekayaan US$ 200 miliar alias Rp 2.751 triliun itu dipastikan berkuasa kembali di Kremlin hingga 2024.

Hah, sebentar deh. Serius US$ 200 miliar? Lebih besar dari orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, dong?

Kabar soal jumlah kekayaan Putin disampaikan oleh Bill Browder, CEO Hermitage Capital Management, sebuah perusahaan investasi internasional yang beroperasi di Inggris dan Rusia.

Perusahaan investasi itu sempat ribut lho sama pemerintah Rusia. Malah waktu November 2005 lalu, perusahaan ini dimasukkan ke dalam daftar hitam karena dituding menjalin relasi dengan pejabat korup. Perusahaan itu dianggap mengancam keamanan nasional.


Tapi daripada bahas soal itu, lebih baik kita cek lebih detail soal kekayaan Putin menurut Hermitage Capital Management. Berikut ini beberapa harta miliknya:

1. Bergaji Rp 1,5 miliar setahun

Russian President Vladimir Putin speaks during his annual end-of-year news conference in Moscow, Russia, December 17, 2015. REUTERS/Maxim Zmeyev – RTX1Z32R

Antara tahun 2011 hingga 2016, Putin dikabarkan menerima gaji sebesar US$ 673 ribu atau setara Rp 9,2 miliar. Kalau dirata-rata, dalam setahun dia bisa menerima uang sampai Rp 1,5 miliar. Jelas lebih tinggi daripada gaji Presiden Jokowi yang setahunnya Rp 744 jutaan.

Informasi soal gaji Putin diumumkan oleh Komisi Pemilu Rusia baru-baru ini.

 

2. Punya rekening tabungan di 13 bank

Berapa rekening bank yang kamu punya? Satu, dua, tiga, atau empat? Pastinya banyakan Putin.

Bayangin aja, dia punya 13 rekening bank yang kalau ditotal isi saldonya mencapai Rp 3,3 miliar. Kira-kira total uang di rekeningmu berapa tuh? Sama kayak om Vladimir Putin, gak?

 

3. Punya banyak properti, 58 pesawat, dan kapal pesiar

Selain dalam bentuk harta bergerak, Putin juga punya aset gak bergerak lho. Putin punya apartemen seluas 800 meter persegi di St. Petersburg. Sayangnya belum ada informasi berapa uang yang dikeluarkan Putin untuk beli apartemen luas ini.

Apa cuma itu aset yang dimilikinya? Oh masih ada lagi.

Guardian melaporkan pada 2012 lalu, Putin memiliki 20 rumah dengan desain bak istana. Selain itu dia pun kabarnya punya 58 pesawat dan sebuah kapal pesiar. Nah kalau yang ini, total nilainya dipastikan ada di angka US$ 82 jutaan!

 

4. Koleksi jam tangan mewah

Itulah jam Blancpain Aqua Lung yang mewah (Dailymail)

Guardian juga menyebutkan, Presiden Rusia ini punya koleksi jam tangan mewah yang kalau ditotal nilainya fantastis banget. Beberapa koleksinya bisa mencapai US$ 528 ribu alias Rp 7 miliar.

Apa aja sih merek jam tangan milik Putin? Menurut pengamatan DuitPintar dari foto-foto yang beredar di Internet, presiden gagah ini punya jam tangan merek Patek Philippe Perpetual Calatrava (seharga US$ 18 ribu), Blancpain Aqua Lung Grande Date (US$ 10.500), dan Tourbograph dari Lange & Sohne (US$ 500 ribu). Tentunya masih banyak lagi yang gak bisa disebutin satu persatu.

 

5. Koleksi mobil sampai 700 unit

Beberapa media melaporkan bahwa Putin punya mobil sampai 700 unit. Tapi gak ada yang menyebutkan berapa total nilai dari koleksi mobil tersebut.

Putin punya mobil andalan buatan Rusia yaitu Kortezh yang cuma diproduksi 5 ribu unit. Mobil ini menyerupai mobil kepresidenan Rusia, anti-peluru lagi. Mesinnya berjenis Twin Turbo V12 yang konon kabarnya didesain langsung oleh Porsche.

Mungkin Kortezh bisa dikatakan sebagai Rolls Royce-nya Rusia. Gak ada informasi yang menyebutkan soal harga mobil ini sih, tapi menurut situs otomotif Carscoops, proyek pembuatan Kortezh mencapai US$ 54 juta atau Rp 742 miliar.

Koleksi lain yang dimiliki Putin adalah Volga lansiran 1960 dan 1965, adapula yang buatan Ukraina dengan nama merek Zaporozhets, dan Zhiguli.

 

6. 230 lembar saham di Bank St. Petersburg

Konon kabarnya dia suka kemewahan (Daily Mail)

Ternyata Vladimir Putin juga investasi saham lho. Dia punya 230 lembar saham di Bank St. Petersburg yang harga perlembarnya pada 21 Maret 2018 ada di kisaran 58 Rubles atau setara Rp 13.874.

Kalau yang ini sih mungkin gak terlalu besar-besar amat. Dengan 230 lembar saham, artinya Putin cuma punya Rp 3.191.020. Tapi tetap aja, kalau ternyata nilai saham bank naik ya otomatis uang Putin juga makin banyak.

Kalau kita jumlahkan aset-aset Vladimir Putin yang terdeteksi nilainya, maka angka yang muncul adalah Rp 2.751 triliun. Jumlah itu lebih banyak daripada orang terkaya di dunia nomor satu, sang CEO Amazon, Jeff Bezos, yang total kekayaannya pada 2018 menurut Forbes mencapai US$ 127 miliar atau setara Rp 1.741 triliun.

Tapi kok herannya kenapa Forbes gak memasukkan Vladimir Putin ke daftar orang terkaya ya? Menurut laporan dari Newsweek sih, Forbes katanya belum bisa melakukan verifikasi terhadap aset-aset Vladimir Putin. Jadi ya, daripada salah, gak dimasukkan deh

 

Penulis: Akbar
Sumber: www.moneysmart.id

Comments
To Top