Artikel dan Tulisan

Siapa Sangka, Daun Pepaya Punya Manfaat Kesehatan Ini

Daun pepaya menyimpan banyak manfaat tersembunyi untuk tubuh. Apa saja?

Jakarta – Salah satu bagian yang dimanfaatkan dari pohon pepaya adalah daunnya. Daun pepaya muda dapat dimakan seperti halnya sayur yang biasa tersaji dalam beberapa makanan Indonesia.

Rasanya Memang Pahit, Tak Disangka Daun Pepaya Punya Banyak Khasiat .

Ternyata, selain bisa dinikmati sebagai hidangan, daun pepaya juga memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah. Ada banyak manfaat di dalamnya yang dapat Anda gunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut di antaranya:

Menaklukkan demam dan flu

Anda bisa menggunakan daun pepaya untuk membuat teh. Kandungan antioksidan di dalamnya cocok untuk mengobati pilek, flu, dan demam. Menurut para ahli, daun pepaya juga dapat membantu regenerasi trombosit dan sel darah putih yang membantu Anda melawan penyakit.

Mengurangi nyeri haid

Jus daun pepaya dapat membantu wanita mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh menstruasi. Selain itu, daun pepaya juga dapat menyeimbangkan hormon pada wanita.


Mengobati kanker

Studi terbaru menunjukkan, daun pepaya mungkin berperan dalam perang melawan berbagai jenis kanker. Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2010 menyebutkan bahwa daun pepaya memiliki efek menjanjikan terhadap jenis sel kanker payudara, paru-paru, serviks, dan pankreas.

Baca:  WhatsApp Uji Fitur Japri Lewat Grup

Menangani diabetes

Beberapa penelitian menyatakan, daun pepaya dapat mengurangi kadar glukosa sehingga menjadi pilihan yang baik untuk diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan pada orang dewasa di Mauritius dan diterbitkan pada tahun 2012 juga menemukan bahwa daun pepaya membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Mencegah demam berdarah

Jus daun pepaya adalah metode tradisional untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya mengandung enzim papain yang meningkatkan trombosit.

Membantu proses pencernaan

Enzim papain dalam daun pepaya membantu proses pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. Menurut buku “The Complete Herbal Guide: A Natural Approach to Healing the Body”, rebusan daun pepaya juga dapat mengurangi mulas dan merangsang nafsu makan.
Rasa pahit dari daun pepaya memang cukup mengganggu sebagian orang. Namun, melihat beberapa manfaat di dalamnya, tak ada salahnya untuk menggunakan daun pepaya sebagai obat.

 

Penulis: Gerardus Septian Kalis
Sumber: Klikdokter.com

Comments
To Top