Berita Pilihan

Melihat Kemegahan Markas Raksasa E-Commerce China Alibaba di Hangzhou

HANGZHOU – Penetrasi perusahaan digital sekaligus raksasa e-commerce China, Alibaba Grup, kian meluas ke berbagai penjuru dunia. Berbagai kantor perwakilan pun dibangun dibeberapa negara. Namun markas besar raksasa e-commerce China itu berdiri megah di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China.

Gedung Utama Alibaba Campus di distrik Xixi, Hangzhou, China, Senin (16/4/2018)(KOMPAS.com/YOGA SUKMANA)

Pada awal pekan ini, Kompas.com berkesempatan untuk menyambangi kantor pusat Alibaba Grup di distrik Xixi, Hangzhou. Sekitar 180 kilometer dari Shanghai. Uniknya, Alibaba menyebut kantornya itu sebagai kampus.

Ya, kantor bagi pegawai Alibaba tak hanya pusat bekerja namun sekaligus tempat menimba dan mengembangkan potensi diri. Kemegahan Alibaba Campus bisa terlihat dari bagian depan gedung utama 6 lantai lengkap dengan maskot Alibaba yang tingginya hampir 3 lantai.

Alibaba Campus di distrik Xixi dibuka pada 2013. Total luas area kampus mencapai 260.000 meter persegi dengan 8 gedung berdinding kaca di dalamnya. Saking luasnya, karyawan yang bekerja kerap menggunakan sepeda untuk berpindah dari satu gedung ke gedung lainnya.

Jumlah karyawan Alibaba Grup yang bekerja di Alibaba Campus di distrik Xixi mencapai lebih dari 20.000 orang. Fasilitas yang disediakan juga komplit. Mulai dari sepeda, restoran, sarana olahraga seperti tenis meja hingga bulutangkis, ruang rapat khusus, musium besar, hingga danau. Ya, danau. Area di dalam Alibaba Campus terdapat danau yang cukup luas dengan berbagai tumbuhan di sekitarnya. Area ini kerap digunakan para karyawan untuk berjalan-jalan di sela-sela rutinitas kerja.


Musium

Suasana ruang depan Musium di Alibaba Campus Distrik Xixi, Hangzhou, Senin (16/4/2018)(KOMPAS.com/YOGA SUKMANA)

Namun, salah satu bagian yang cukup menyita perhatian yakni musium Alibaba yang berada tepat di bibir danau. Musium ini banyak menyimpan barang-barang yang punya nilai historis bagi Alibaba. Foto-foto pendiri Alibaba, Jack Ma menjadi menu utama dibagian depan musium.

Memasuki bagian tengah, pengujung akan disuguhi dengan berbagai informasi perkembangan Alibaba dari awal dirintis hingga menjadi raksasa e-commerce. Di bagian lain kampus, terdapat pula ruangan lab yang berisikan berbagi teknologi digital yang dikembangkan oleh Alibaba.

Kampus Binjiang

Sekitar 40 menit perjalanan dari Alibaba Campus Xixi dengan naik mobil, Alibaba juga punya kantor keduanya di Binjiang. Kantor ini lebih kecil ketimbang di Xixi. Maklum karyawan yang bekerja di Alibaba Campus Binjiang hanya berasal dari Alibaba.com dan AliExpress, dua anak bisnis dari Alibaba Group.

Meski begitu, Alibaba Campus Binjiang tak kalah megah. Dibeberapa sudut terdapat patung dengan berbagai filosofi. Bahkan kampus ini begitu lekat dengan Jack Ma.

Alibaba Campus di Binjiang, tempat bekerja karyawan Alibaba.com dan AliExpres, Selasa (17/4/2018)(KOMPAS.com/YOGA SUKMANA)

Di bagian depan kampus, terdapat kolam air besar yang juga memanjang hingga kebagian tengah kampus. Keberadaan air di kantor Alibaba tepat dipinggir gudang-gedung. Bahkan tak ada pembatas dinding khusus antara kolam air dan area pejalan kaki.

Hal ini tak lepas dari kuatnya Jack Ma memegang filosofi China. Di China, air adalah lambang kemakmuran dan berkah. Lantaran hal itulah Jack Ma menginginkan kantor Alibaba tak jauh-jauh dari air.

 

Penulis : Yoga Sukmana
Editor : Aprillia Ika
Sumber : Kompas.com

Comments
To Top