Artikel dan Tulisan

Mengatasi Badan Lemas karena Begadang

Begadang sering bikin badan lemas. Tangani dengan cara ini!

Jika Anda seorang nokturnal yang baru bisa tidur pada tengah malam atau pekerja shift malam, mungkin sering mengalami badan lemas. Jam tidur yang tidak teratur membuat waktu istirahat Anda menjadi berantakan juga. Tidak hanya waktu istirahat, waktu makan pun kerap menjadi korban sehingga tak heran bila tubuh terasa lelah. Apa saja hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan lemas akibat begadang?

Mengatasi Badan Lemas karena Begadang (Roman Samborskyi/Shutterstock)

1. Cukupi kebutuhan cairan

Salah satu penyebab badan lemas adalah kurangnya cairan atau minum air. Sering kali ketika Anda begadang, asupan cairan menjadi kurang dan tidak cukup. Bagaimana Anda tahu bahwa kebutuhan cairan Anda sudah cukup?

Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu juga bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi. Berbagai tanda ini bisa menjadi petunjuk bahwa Anda kekurangan cairan dan membutuhkan tambahan cairan.

2. Rutin berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga agar tubuh Anda tetap sehat dan fit sepanjang hari. Jika Anda tidak berolahraga secara rutin, maka tubuh rentan sakit, apalagi jika Anda pekerja yang kerap begadang.

Biasakanlah berolahraga dengan frekuensi tiga kali seminggu dengan porsi waktu 30 menit setiap berolahraga. Jika Anda rutin berolahraga, tubuh pun akan terasa lebih segar. Suasana hati juga akan menjadi lebih baik. Selain itu, berolahraga rutin sudah terbukti memberikan keuntungan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.


Apa saja pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan? Pilihlah olahraga yang juga menjadi hobi Anda, misalnya berenang atau bermain bulu tangkis. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa terpaksa atau malas-malasan untuk melakukannya. Supaya lebih semangat, Anda juga dapat mengajak teman atau pasangan Anda.

3. Hindari makanan yang tidak sehat

Jika Anda sering begadang dan menghabiskan waktu malam untuk bekerja, perhatikanlah asupan makanan. Sebelum melahap suatu makanan, pikirkan apakah makanan tersebut baik untuk tubuh Anda? Tak hanya jenis makanannya yang perlu dicermati, jumlah atau porsinya juga penting. Lalu, apakah sudah ada buah dan sayuran di dalam makanan Anda?

Begadang identik dengan jajan dan makan berbagai camilan yang tidak sehat. Karena itu, hindari berbagai asupan yang dapat merugikan kesehatan, seperti gorengan, minuman dengan pemanis buatan, dan minuman dengan kandungan kafein yang terlalu banyak. Selain itu, batasi asupan gula Anda, baik itu pada makanan maupun minuman.

4. Berjemur di bawah matahari

Ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk bangun pada pagi hari, sempatkan diri untuk berjemur dan menikmati sinar matahari pagi. Anda dapat sekadar berjemur atau berjalan pagi hari selama 30 menit.

Berjemur dapat membantu Anda menstabilkan ritme sirkadian diri Anda, sehingga tidur dapat menjadi nyenyak pada malam harinya. Berjemur juga baik untuk menjaga kadar vitamin D tubuh Anda, karena aktivasi vitamin D memerlukan sinar matahari. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Apakah Anda sering begadang? Jika ya, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah badan lemas akibat begadang. Selamat mencoba kiat-kiat yang sudah dijelaskan, ya!

Penulis: dr. Alvin Nursalim
Sumber: Klikdokter.com

Comments
To Top