Berita Pilihan

Laptop Dell XPS 2-in-1 Usung Radeon Vega dan Keyboard Mengapung

Dell XPS 15 2-in-1.(Dell)

Intel baru saja mengumumkan lima prosesor pertama yang dihasilkan dari kerjasamanya dengan AMD. Pada pekan yang sama, Dell mengumumkan produk laptop dengan chip yang memadukan CPU Intel Core dengan GPU AMD Radeon itu.

Laptop anyar dari Dell bernama XPS 15 2-in-1 dan merupakan jenis convertible yang bisa berubah dari laptop menjadi tablet. Caranya adalah dengan melipat layar yang berukuran 15,6 inci sejauh 360 derajat sehingga membelakangi layar.

Di dalam bodi rampingnya yang memiliki ketebalan antara 9 mm hingga 19 mm tertanam prosesor Intel Core i5-8305G atau Core i7-8705G. Keduanya memadukan CPU quad-core Intel dengan pengolah grafis (GPU) AMD Radeon RX Vega M GL dengan RAM HBM2 berkapasitas 4 GB.

Kinerja gaming prosesor Intel dengan GPU AMD itu diklaim lebih tinggi dibandingkan sistem dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 serta mampu menjalankan game dengan setting grafis “medium” hingga “high” di resolusi 1080p dengan mulus.

Dell menyediakan opsi RAM DDR4 sebesar 8 GB atau 16 GB, sedangkan pilihan media penyimpanannya adalah M2 SSD berkapasitas antara 128 GB hingga 1 TB.


Keyboard mengapung

Di luar dapur pacu hasil kolaborasi Intel dan AMD, Dell XPS 15 2-in-1 memiliki keunikan lain berupa keyboard “maglev” yang tombol-tombolnya “mengapung” dengan bantuan magnet. Teknologi ini diklaim mampu merampingkan tubuh sang laptop.

Dell XPS 15 2-in-1 menggunakan keyboard berteknologi magnet.(Dell)

Dell XPS 15 2-in-1 menggunakan keyboard berteknologi magnet.(Dell)

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Rabu (10/1/2017), tombol-tombol di keyboard maglev hanya memiliki travel distance (jarak pantul) sebesar 0,7 mm. Angka itu hanya setengah dari travel 1,3 mm di laptop XPS 15 konvensional.
Layaknya perangakat laptop convertible lain, layar Dell XPS 15 2-in-1 yang beresolusi 4K atau full HD sudah mendukung touch input, shingga mampu difungsikan sebagai tablet raksasa.

Pengguna juga bisa menulis atau menggambar di layar dengan stylus yang dijual terpisah sebagai aksesori tambahan. Perangkat penunjuk ini memiliki 4.096 level sensitivitas terhadap tekanan.

Untuk urusan konektor, Dell XPS 15 2-in-1 menyediakan dua port USB type-C (Display Port Compatible), dua port Thunderbolt 3, dan sebuah slot micro-SD, tapi tak ada port USB type-A seperti yang biasa terdapat di laptop konvensional.

Dell XPS 15 2-in-1 rencananya akan mulai dipasarkan sekitar kuartal kedua tahun ini dengan banderol harga mulai 1.300 dollar AS (Rp 17,5 juta). Sementara, aksesori stylus dijual seharga 99 dollar AS (Rp 1,3 juta).

Penulis: Oik Yusuf
Editor: Reska K. Nistanto
Sumber: PCWorld

Comments
To Top