Berita Pilihan

Facebook Siapkan Portal, Gadget untuk Video Chat?

o_1agchtq846k15r9u01m3b1buoa

Facebook telah lama diduga memiliki ambisi untuk melebarkan sayap ke bisnis hardware. Awalnya lewat ponsel yang ternyata tak jadi meluncur.

Kini, kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa raksasa jejaring sosial itu berniat membuat hardware home device bernama Portal untuk video chat.

Gambar yang diambil pada 20 November 2017 ini menunjukkan logo Facebook, layanan media sosial yang berbasis di Amerika Serikat.(AFP PHOTO/LOIC VENANCE)

Gambar yang diambil pada 20 November 2017 ini menunjukkan logo Facebook, layanan media sosial yang berbasis di Amerika Serikat.(AFP PHOTO/LOIC VENANCE)

Menurut informasi yang berasal dari situs finansial Cheddar, Portal nantinya bakal memfasilitasi video chat antar-pengguna Facebook, khususnya sesama teman dan anggota keluarga.

Portal disebut akan memiliki layar dan lensa wide-angle yang sanggup mengenali wajah pengguna di depannya dan langsung tersambung ke akun Facebook milik pengguna bersangkutan.

Kabarnya pula, Portal akan bisa terhubung ke layanan streaming konten seperti Spotify dan Netflix. Facebook belakangan diketahui meneken perjanjian lisensi dengan Universal Music Group dan Sony/ATV, jadi ada kemungkinan konten dari dua pihak itu bisa disalurkan ke Portal.

Pengguna nantinya disinyalir bisa mengendalikan Portal lewat perintah suara, seperti Amazon Echo Show, Google Home, dan Apple HomePod.

Jejaring sosial Facebook sendiri kini sudah memiliki fasilitas video chat via Messenger di ponsel dan PC. Namun, agaknya Facebook masih belum puas sehingga merasa perlu membuat hardware khusus untuk keperluan tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MobileSyrup, Rabu (10/1/2018), Facebook diprediksi bakal memperkenalkan Portal dalam konferensi tahunan F8 pada Mei mendatang. Sementara pengapalannya akan dimulai pada paruh kedua 2018.

Soal harga, Portal disebut akan berbanderol 499 dollar AS, lebih tinggi dibandingkan Echo Show di harga 230 dollar AS. Namun, ada kemungkinan Facebook akan menurunkan harga tersebut untuk mendorong penjualan.

Penulis: Oik Yusuf
Editor: Reza Wahyudi
Sumber: Mobile Syrup

Comments
To Top