Business

Google Rekrut Pegawai Khusus untuk Cari Sepeda Hilang

Google menyediakan aneka fasilitas untuk para karyawan di kantornya di Mountain View, Amerika Serikat. Salah satunya adalah sepeda gratis yang bisa dipakai berlalu-lalang di kompleks kantor.

Tapi sepeda-sepeda bernama “Gbikes” ini rupanya sering hilang dan muncul di tempat-temat di luar kantor Google. Jumlahnya tak tanggung-tanggung. Google mencatat antara 100 hingga 250 buah sepeda raib tiap minggu, dari total sebanyak 1.100 buah.

Raksasa internet itu pun belakangan dilaporkan menyewa sebuah tim pencari beranggotakan 30 orang dan 5 unit mobil van. Tugas mereka sederhana, yakni berkeliling untuk mencari dan mengembalikan sepeda Gbikes Google.

Sepeda Gbikes warna-warni di kompleks kantor Google di Mountain View, California, Amerika Serikat.(Wicak Hidayat/ KOMPAS.com )

Sepeda Gbikes warna-warni di kompleks kantor Google di Mountain View, California, Amerika Serikat.(Wicak Hidayat/ KOMPAS.com )

Warga lokal di Mountain View rupanya menanggap sepeda gratis sebagai fasilitas yang disediakan Google untuk semua orang, tak hanya para karyawan.

Sebab itulah sepeda-sepeda tersebut sering ditemukan beredar di lingkungan sekitar di luar kantor Google, entah di sekolah atau pekarangan rumah. Pernah pula ada Gbikes yang ditemukan di atap sebuah pub atau tenggelam di danau.


Bahkan, dari GPS tracker yang dipasang di sepeda-sepeda Google mulai tahun lalu, diketahui pula bahwa ada Gbikes yang digondol hingga ke negara lain, seperti Meksiko.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Senin (8/1/2018), Google selama ini kesulitan memantau siapa saja yang memakai sepedanya, karena tak bisa membedakan antara karyawan dan warga setempat.

Untuk mengurangi angka kehilangan, Google sedang mempertimbangkan untuk memasang kunci sepeda yang hanya bisa dibuka oleh karyawannya lewat aplikasi khusus di smartphone.

Google mulai menggelar program sepeda gratis untuk karyawan pada 2007. Desain sepeda ikonik Gbikes yang berwarna-warni mulai muncul pada 2009.

Kini perusahaan-perusahaan teknologi lain seperti Facebook dan Apple sudah ikut menyediakan fasilitas serupa. Sedikit berbeda dari Google, kebanyakan dari mereka mengunci sepedanya atau mengharuskan pengendara untuk check-out.

Penulis: Oik Yusuf
Editor: Reska K. Nistanto
Sumber: Business Insider

Comments
To Top
WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com