Berita Pilihan

Pembaruan iOS dan macOS untuk Tambal Celah “Spectre”

Mengawali tahun 2018, dunia teknologi sempat heboh dengan penemuan celah fatal pada prosesor-prosesor Intel yang disebut “Meltdown” dan “ Spectre”.

Keduanya dapat membocorkan data yang tersimpan di dalam kernel, yakni program inti di sistem operasi yang menjembatani software dengan prosesor.

Apple yang notabene memanfaatkan prosesor-prosesor Intel pada perangkat-perangkat elektroniknya telah merilis pembaruan iOS dan MacOS untuk menambal celah Meltdown beberapa saat lalu.

Ilustrasi bug sekuriti Meltdown dan Spectre.(spectreattack.com)

Ilustrasi bug sekuriti Meltdown dan Spectre.(spectreattack.com)

Kini, raksasa asal Cupertino itu pun kembali meluncurkan pembaruan yang diproyeksikan sebagai penangkal celah Spectre. iOS 11.2.2 dan macOS High Sierra 10.13.2 kini tersedia secara gratis untuk semua perangkat yang kompatibel.

Bagi pengguna iPhone 5s ke atas, iPad Air ke atas, dan iPod Touch generasi ke-6, bisa mengunduh iOS 11.2.2 dengan menavigasikan ke Settings, General, dan Software Update.


Sementara itu, macOS High Sierra 10.13.2 sebelumnya sudah diluncurkan untuk memperbaiki celah Meltdown. Yang terbaru sifatnya sebagai update pelengkap yang menyasar Spectre dan bisa didapat di Mac App Store.

Pengguna juga bisa memperbarui peramban Safari ke versi 11.0.2 pada lini Mac yang berjalan dengan OS X El Capitan 10.11.6 dan macOS Sierra 10.12.6. Pembaruan peramban Safari ini juga untuk menambal kelemahan Spectre, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (9/1/2018), dari ArsTechnica.

Pekan lalu, Apple mengeluarkan pernyataan resmi yang mengatakan semua perangkat Mac dan iOS terkena risiko Meltdown dan Spectre. Kendati begitu, belum diketahui secara jelas dampak nyatanya ke pelanggan.

31-iphone-x

Pernyataan resmi Apple disertai pembaruan sistem operasi untuk menangkal Meltdown. Celah itu memang cenderung lebih mudah diperbaiki. Setelah beberapa hari, barulah sekarang penangkal Spectre dirilis.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor: Reza Wahyudi
Sumber: ARS Technica

Comments
To Top