Berita Pilihan

WhatsApp Campakkan BlackBerry dan Windows Phone

Windows Phone Mati

Nasib Sistem operasi Windows Phone selayak senjakala. Sistem operasi ini makin tak menarik bagi industri. Selain WhatsApp, Facebook Messenger juga telah mengakhiri dukungan pada Windows Phone 8.1.

Alasan aplikasi perpesanan Facebook mengakhiri dukungan pada Windows Phone pada Maret 2017. Senada dengan WhatsApp, aplikasi tersebut tidak bisa lagi diperbaharui pada smartphone yang dengan sistem operasi yang usang alias lama.

Teganya WhatsApp Campakkan BlackBerry dan Windows Phone

Teganya WhatsApp Campakkan BlackBerry dan Windows Phone

Bukan hanya aplikasi luar yang mengakhiri dukungan pada Windows Phone. Pemilik Windows Phone, Microsoft juga memutuskan tak melanjutkan dukungan Skype pada ponsel Windows Phone lama per Maret 2017.

Pada Juli tahun ini, Microsoft menyatakan bendera putih pada Windows Phone. Perusahaa teknologi dunia mengumumkan telah menyetop dukungan pada Windows Phone 8.1. Microsoft memutuskan membunuh sistem operasi mobile itu setelah lebih dari memberikan update pertama pada 14 April 2014.

Sangat disayangkan, sebab Windows Phone dilahirkan sebagai jawaban Microsoft untuk menyaingi iPhone dan Android.


Dalam keterangan di websitenya, Windows Phone 8.1 masuk dalam salah satu daftar produk Microsoft yang akan disetop dukungannya pada 2017. Dukungan Microsoft terhadap Windows Phone 8.1 berhenti pada 11 Juli 2017.

Menurut data dari AdDuplex, sebagaimana dikutip dari laman The Verge, diperkirakan hampir 80 persen ponsel berbasis Windows saat ini masih menjalankan Windows Phone 7, Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1. Sedangkan 20 persen dari ponsel berbasis Windows saat ini sudah menjalankan Windows 10 Mobile.

Rincian data AdDuplex per 26 Juni menunjukkan, Windows Phone 8 masih berjalan pada 73,9 persen perangkat, kemudian 20,1 persen menjalankan Windows 10 Mobile, 1,6 persen berjalan pada Windows Phone 7 dan 4,2 persen perangkat yang menjalankan Windows 8.

Windows Phone 8.1 merupakan pembaharuan besar dari sistem operasi Windows Phone 8. Pada versi 8.1 itu, Microsoft menghadirkan asisten digital Cortana, pusat notifikasi baru, perubahan antarmuka dan update lainnya.

Tren negatif sistem operasi mobile besutan Microsoft terus berlanjut. Pada Oktober tahun ini, Microsoft memberikan sinyal menyerah untuk dukungan Windows 10 Mobile Adopsinya lambat, alasan perusahan teknologi raksasa itu.

Untuk itu, Microsoft mengabarkan tak akan memberikan pembaharuan fitur dan hardware untuk Windows 10 Mobile. Corporate Vice President Windows 10, Joe Belfiore mengungkapkan hasil pengembangan Windows 10 Mobile di akun Twitternya. Microsoft akan fokus menambal celah bug dan keamanan pada sistem operasi mobile tersebut.

“Kami telah bekerja sangar keras untuk memberi insentif pengembangan aplikasi. Mengeluarkan uang menulis aplikasi 4 untuk mereka, tapi jumlah penggunanya sangat rendah untuk investasi yang dikeluarkan perusahaan,” kata Belfiore yang juga menjabat Kepala Divisi PC, Tablet dan Ponsel Microsoft dalam postingannya. (ren)

Comments
To Top