Berita Pilihan

Malware Penambang Bitcoin Infeksi Facebook Messenger

malware-penambang-bitcoin-infeksi-facebook-messenger-8cAJs1mbL0

MENLO PARK – Sebuah malware baru bertajuk Digmine diam-diam menambang cryptocurrency alternatif Monero dan ditemukan telah menginfeksi pengguna Facebook Messenger di seluruh dunia. Pakar keamanan menyebut bahwa malware itu pertama kalinya menyerang di Korea Selatan (Korsel) kemudian menyebar ke berbagai negara.

keren-pengguna-facebook-bisa-kirim-uang-di-aplikasi-messenger-1LQJBY4i5A

Malware itu menyamar sebagai file video bernama “video_xxxx.zip“, dan memasang penambang Monero, serta ekstensi Chrome berbahaya yang membantu Digmine menyebar ke korban lainnya.

Sejauh ini, malware tersebut telah menginfeksi korban di Vietnam, Azerbaijan, Ukraina, Vietnam, Filipina, Thailand, dan Venezuela.

Pakar keamanan di Trend Micro, yang menemukan malware tersebut, khawatir dengan malware tersebut karena Digmine juga bisa segera menginfeksi negara lain. Peneliti mengatakan bahwa malware penambang Monero hanya mempengaruhi aplikasi Facebook Messenger pada Chrome versi desktop.

Ekstensi Chrome yang berbahaya yang terpasang malware ke PC korban, memungkinkan mengakses akun Facebook korban dan dapat mengirim pesan personal ke semua kontak mereka. Alhasil, malware itu menyebar dengan sendirinya.

unnamed

“Modus operasi botnet pertambangan yang terkenal terutama untuk Digmine bersemayam di sistem korban selama mungkin. Ia juga berniat menginfeksi sebanyak mungkin mesin, karena sebuah mesin berpotensi lebih banyak menghasilkan pendapatan cybercriminal,” kata peneliti Trend Micro di sebuah blog.

Para peneliti juga menyebut bahwa Facebook segera bertindak menghapus semua tautan ke Digmine, setelah perusahaan cybersecurity memperingatkan mereka.

“Kami menjaga sejumlah sistem otomatis untuk membantu menghentikan tautan dan file berbahaya agar tidak muncul di Facebook dan Messenger,” kata Facebook dalam sebuah pernyataan.

“Jika kami menduga komputer Anda terinfeksi malware, kami akan memberi pemindaian Anda antivirus gratis dari mitra terpercaya kami. Kami berbagi tips tentang cara agar tetap aman, dan tautan ke pemindai tersebut ada di facebook.com/help,” imbuh perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu. Demikian seperti dilansir IB Times, Senin (25/12/2017). (lnm).

Comments
To Top