Berita Pilihan

Siap-siap, Spesifikasi 5G Pertama Telah Disetujui

Lisbon – Seperti yang diperkirakan, anggota 3GPP meratifikasi spesifikasi Non-Standalone (NSA) 5G New Radio (NR) yang akan menjadi dasar produk 5G komersial. Putusan itu mengakhir rapat dan kerja selama berbulan-bulan untuk mendapatkan konsensus.

3rd Generation Partnership Project (3GPP) adalah kolaborasi antara kelompok-kelompok asosiasi telekomunikasi. 3GPP awal tahun ini menyetujui untuk mempercepat timeline sehingga setidaknya sebagian dari standar 5G akan selesai pada akhir tahun ini.

Sementara beberapa orang skeptis untuk menyelesaikan semua pekerjaan saat ini, banyak pemimpin industri yakin hal itu akan dilakukan karena sebagian besar rincian penting dipecahkan dalam rapat kelompok kerja sebelum pleno minggu ini. Ratifikasi tersebut terjadi pada rapat pleno RAN di Lisbon, Portugal, dengan laporan pertama muncul di Twitter.

Fifth generation mobile telecommunication networks – or 5G – are being created in many places around the world, including the US, China and Europe.

Fifth generation mobile telecommunication networks – or 5G – are being created in many places around the world, including the US, China and Europe.

3GPP akan mempublikasikan spesifikasi tersebut minggu ini, dan spesifikasi itulah yang akan dibangun oleh vendor, menurut Matt Branda, direktur pemasaran teknis Qualcomm. “Ini benar-benar langkah yang memungkinkan vendor mulai membangun peralatan,” katanya kepada FierceWirelessTech, Rabu 20 Desember 2017.

Spesifikasi itu dilaporkan mencakup dukungan spektrum rendah, menengah dan tinggi, dari di bawah 1 GHz, seperti 600 dan 700 MHz, sampai sekitar 50 GHz, dan termasuk pita 3,5 GHz.


Versi Standalone (SA) dijadwalkan selesai pada bulan Juni 2018, yang menentukan kemampuan pengguna dan pesawat kontrol untuk 5G NR menggunakan arsitektur jaringan inti 5G yang baru. Versi NSA dan SA berbagi aspek antarmuka radio fisik.

AT & T termasuk di antara mereka yang mendorong standar akselerasi itu bekerja di awal tahun ini. “Ini sangat agresif dan orang-orang menghabiskan banyak waktu dan usaha ekstra dan sepertinya kami berhasil melakukannya,” kata Dave Wolter, AVP dari Radio Technology and Strategy di AT & T Labs, kepada FierceWirelessTech awal pekan ini. “Kami percaya bahwa kita berada pada titik di mana produsen silikon dapat memulai desain mereka dan mulai mengembangkan silikon.”

From time and time again I see questions about networking and how people appear to assume that networking is either a non-issue or a trivial issue at that.

From time and time again I see questions about networking and how people appear to assume that networking is either a non-issue or a trivial issue at that.

Pada pertemuan paripurna di Jepang pada bulan September, keputusan dibuat untuk menunda beberapa penelitian agar memenuhi batas waktu Desember, namun item-item tersebut akan ditangani pada paruh pertama tahun 2018.

Beberapa item 5G yang masih tertinggal adalah akses ganda nonortogonal, spektrum tanpa izin untuk NR, jaringan nonterrestrial (pemodelan saluran), metodologi evaluasi eV2X, dan akses terpadu dan backhaul.

Comments
To Top