Artikel dan Tulisan

Penjelasan Singkat Pesan 4.0.4.0 Bikin WhatsApp di Android Jadi Lemot

Apakah kamu pernah jadi korban keisengan teman yang mengirimkan pesan rangkaian numerik di aplikasi WhatsApp yang membuat ponselmu lemot atau membeku? Itu sungguh menyebalkan, tapi sekarang kita sudah bisa mengetahui apa yang menyebabkan pesan berisi rangkaian numerik itu membuat ponsel kita lemot.

Diketahui, masalah ponsel yang lemot dan membeku gara-gara pesan di WhatsApp ini hanya dialami pengguna ponsel Android saja, sementara untuk iOS tetap lancar jaya. Rangkaian numerik yang dimaksud dari pesan yang dikirim itu adalah 4.0.4.0 dengan jumlah yang banyak.

Tapi, masalah yang dialami para pengguna berbeda-beda, ada yang mengaku ponselnya mendadak lemot setelah membuka pesan berisi rangkaian angka itu, tapi ada juga yang membeku hingga membuat aplikasi WhatsApp berhenti bekerja secara paksa atau force close.

Pesan 4.0.4.0 di WhatsApp. (Foto: Screenshot WhatsApp)

Pesan 4.0.4.0 di WhatsApp. (Foto: Screenshot WhatsApp)

Mengapa hal itu bisa terjadi? Pakar teknologi dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, memberikan jawaban terkait masalah tersebut. Alfons menjelaskan kalau penyebab adanya masalah itu dikarenakan adanya bug di aplikasi WhatsApp.

“Kelihatannya ada bug di WhatsApp khususnya cara OS (Operating System) Android dalam memproses data. Jadi, setiap data yang masuk ke WA akan diproses oleh Android dan kalau data itu berupa http atau nomor telepon atau data yg lain akan diproses dan diteruskan ke aplikasi yg bersangkutan,” ujar Alfons.


Lebih lanjut, ia menjelaskan aplikasi WhatsApp khusus Android memiliki kemampuan untuk membaca pesan khusus yang berisi rangkaian angka dan simbol-simbol tertentu untuk dihubungkan dengan aplikasi yang bisa menerjemahkan data dalam pesan yang diterima. Proses dari penerjemahaan itulah yang membuat ponsel menjadi lemot saat membuka pesan semacam ini di aplikasi WhatsApp.

WhatsApp Memproses Data

Sebagai contoh, saat seseorang mengirimkan pesan yang berisi nomor telepon atau link berita akan langsung diproses oleh WhatsApp agar bisa dibuka dengan aplikasi lainnya. Tapi, jika data pesan yang diterima dalam jumlah yang besar seperti rangkaian pesan 4.0.4.0, maka WhatsApp bakal lebih lama memproses data itu.

Kalau ponselnya memiliki memori yang besar akan mengakibatkan lag (lemot). Kalau memori ponsel kecil akan mengakibatkan hang (membeku) karena kekurangan memori untuk memuat aplikasi yg bersangkutan,” kata pria yang sering memberikan edukasi tentang malware ini.

Bukan Cuma 4.0.4.0

Alfons juga memastikan bahwa tidak hanya pesan 4.0.4.0 dalam jumlah banyak saja yang memberikan dampak seperti ini, melainkan kombinasi angka dan titik lainnya juga (contoh: 4.0.3.2.8). Rangkaian numerik ini bisa mempengaruhi kinerja WhatsApp dalam memproses membaca pesan.

Aplikasi pesan instan WhatsApp. (Foto: Dado Ruvic/Reuters)

Aplikasi pesan instan WhatsApp. (Foto: Dado Ruvic/Reuters)

Perlu dicatat, hal ini terjadi hanya saat kamu membuka kontak teman atau grup obrolan di menu Chats yang mengirim pesan 4.0.4.0 dalam jumlah banyak. Ketika membuka kontak teman atau grup obrolan yang tidak mengirim pesan seperti itu, maka aplikasi WhatsApp akan berjalan seperti biasa.

Kamu masih bisa berkirim pesan dan konten multimedia secara normal. Kemudian, dampak ini juga tidak dirasakan jika kamu menggunakan WhatsApp untuk web. Artinya kamu masih bisa berkirim pesan dan konten multimedia secara normal lewat WhatsApp versi web atau desktop.

Bagi yang menemui masalah ini dan mendapati ponselmu tidak berkutik saat membuka pesan seperti ini, maka yang bisa kamu lakukan adalah membuka WhatsApp versi web untuk menghapus pesan tersebut. Merepotkan memang, tapi hanya itu yang bisa kamu lakukan saat ini kalau mau melanjutkan obrolan dengan teman yang mengirimkan pesan itu.

Sumber: Kumparan.com

Comments
To Top
WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com