Global

Xiaomi Mi A1 Dapat Sebutan Android One

Xiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017).(Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com)

Xiaomi meluncurkan smartphone Xiaomi Mi A1 di India pada Selasa. Mi A1 merupakan hasil kerja sama Xiaomi dengan Google, yang diwadahi dalam proyek Android One. Sebenarnya, apa itu Android One?

Inisiatif Android One pertama kali dimunculkan Google di ajang konferensi developer tahunan Google I/O, Juni 2014 lalu. Kala itu, Google membayangkan Android One sebagai proyek yang akan membuat miliaran orang di seluruh dunia bisa mendapatkan smartphone murah, berkualitas, lalu terhubung ke internet.

Jadi Android One bukan sekadar proyek pengadaan ponsel murah. Google ingin seluruh penduduk dunia terhubung ke dunia maya.

Dalam pengumuman tersebut, Google mengatakan akan menghadirkan smartphone Android One untuk orang-orang yang tinggal di negara berkembang. Target pertamanya adalah India, lalu meluas ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Google menggarap Android One dengan menggandeng sejumlah vendor lokal di masing-masing negara terpilih. Raksasa internet itu menyediakan rancangan hardware yang dibutuhkan. Kemudian vendor yang bekerja sama, tinggal membuatnya sesuai dengan konsep dasar yang sudah diberikan.


Lahir pertama kali

Pada September 2014 tersebut, proyek Android One akhirnya terwujud pertama kali di India. Google menggandeng Micromax, Spice, dan Karbonn sebagai pembuat smartphone Android One tersebut. Ketiganya merupakan vendor lokal di Negeri Anak Benua itu.

Karena tujuannya adalah mempermudah akses smartphone untuk banyak orang, para vendor yang bekerja sama dengan Google juga menetapkan harga yang terjangkau. Harga Android One di India pada saat itu dibatasi di kisaran 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta.

Selain harga yang murah itu, Google juga menjamin pembaruan piranti lunak yang digunakan di dalamnya. Google memberikan jaminan bahwa piranti lunak Google bisa di-update gratis. Syaratnya adalah menggunakan kartu SIM milik operator yang bekerja sama dengannya.
Proyek Android One pun juga sempat hadir di Indonesia. Tiga vendor lokal, Evercoss, Nexian, dan Mito menjadi rekanan Google. Ketiganya melakukan peluncuran dalam waktu berdekatan, pada awal 2015.

Baca Juga:  Kisruh Gugatan Hukum di Balik 'Benyamin Biang Kerok'

Spesifikasi yang dibenamkan di dalamnya pun setara. Layar ukuran FWVGA 4,5 inci, dapur pacu berupa prosesor quad-core 1,3 GHz dan RAM 1 GB, kemudian kamera depan 2 megapiksel serta kamera utama 5 megapiksel.

Lahir kembali

Lama tak ada kabar, kini proyek Android One kembali muncul dengan Xiaomi Mi A1. Google dan Xiaomi mencoba menjangkau pengguna di negara-negara berkembang.

Kerja sama antara Xiaomi dan Google dalam menghadirkan perangkat Android One sendiri tercium sejak akhir Agustus 2017 lalu. Hal ini dianggap merupakan strategi yang pas, mengingat keduanya punya kesamaan visi dan bisa sama-sama menguntungkan.

Xiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017).(Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com)

Xiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017).(Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com)

Xiaomi fokus pada perangkat-perangkat murah, sama seperti tujuan diinisiasinya proyek Android One. Dalam hal ini Google diuntungkan sebab Xiaomi sudah punya rekam jejak bisnis yang baik di negara berkembang.
Sementara itu keuntungan bagi Xiaomi adalah mendapatkan sistem operasi Android murni yang lebih mumpuni. Tak perlu ada software pendukung MIUI yang kerap menambah fragmentasi dalam penjajalan smartphone.

Xiaomi Mi A1 mengusung layar 5,5 inci. Fitur utama Xiaomi Mi A1 adalah kamera ganda (dual camera) di bagian belakang. Kedua kamera Xiaomi Mi A1 memiliki spesifikasi kamera resolusi 12 megapiksel dan konfigurasinya serupa iPhone 7 Plus.

Satu kamera memiliki bidang pandang lebar (wide), sementara lainnya tele, untuk foto portrait dengan efek background yang buram (blur).

Dari sisi jeroan atau hardware, Xiaomi Mi A1 termasuk kategori spesifikasi kelas menengah. Mi A1 mengusung chip Snapdragon 625, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, slot MicroSD hingga 128 GB, baterai 3.080 mAh, dan menjalankan OS Android terbaru versi 7.1.2 Nougat.

Baca Juga:  Misteri Kerajaan Salaka Negara - Kerajaan Paling Awal di Nusantara

Harga Mi A1 dipatok Rs 14.999 atau setara Rp 3,1 jutaan. Harga Xiaomi Mi A1 yang Rp 3 jutaan itu termasuk ke harga kelas menengah ke bawah. Terdapat tiga varian Xiaomi Mi A1 yang disediakan, yakni gold, rose gold, dan hitam.

Selain di India, Xiaomi Mi A1 juga bakal dirilis di negara-negara Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Selatan. Indonesia sendiri juga dijanjikan oleh Xiaomi bakal kebagian Android One, Xiaomi Mi A1 ini. Xiaomi Mi A1 bakal hadir di Indonesia pada akhir September 2017.

Sumber: Kompas.com – YOGA HASTYADI WIDIARTANTO

Comments
To Top