Event

Songsong ‘HARI ANAK SEDUNIA’ 2017

Songsong ‘HARI ANAK SEDUNIA’ 2017

CINTAKAN PUSAKA BUDAYA SEDARI DINI : AJAR PUSAKA BUDAYA SPESIAL ANAK

Malang – Bilamanakah pengenalan dan pencintaan terhadap budaya sendiri musti dimulai? Ada baiknya diawali sejak usia muda, sedari dini (usia anak-anak). Dimulai dengan terlebih dahulu berupaya untuk mengenalkan, selanjutnya secara bertahap-berkelanjutan dipahamkan, supaya tumbuh dari dalam dirinya kecintaanm bahkan kepedulain untuk kelak turut aktif dalam melestarikan dan mendayagunakan.

Sumber: Google.com

Sumber: Google.com

Dalam rangka itu, senyampang terdapat momentum “Hari Anak Sedunia’ di bulan Nopember, maka pada Minggu pagi s.d. siang, 19 November 2017, kami rencanakan untuk menyelenggarakan ‘Ajar Pusaka Budaya’, yang kali ini spesial diperuntukkan bagi anak-anak (seusia SD dan SMP), dengan tema ‘Cintakan Pusaka Budaya Sedari Dini’. Lokasi giat tak jauh dai pusat Kota Malang dan cukup mudah diakses, yakni Situs Candi Badut, sebuah candi tertua di Jawa Timur dari medio abad VIII Masehi.

Sejumlah kegiatan diancangkan sebagai menu pada acara ini, antara lain: (1) Ajar candi, arca dan relief; (2) dulinan tradisonal bocah, (3) gladi kreasi seni dan kriya anak; serta (4) persembahan seni buat anak. Syukurlah bila dalam perhelatan ini ada pihak yang berkenan untuk mengadakan (5) raga busana tradisonal, dengan peraga anak (6) fotografi dan videografi buat anak, bahkan terbuka kemungkinan untuk memberikan (7) layanan baca dengan membuka ‘Perpusatakaan Sehari di Candi’. Masih cukup waktu untuk mempersiapkan dan menyelanggarakan secara ‘swadaya’.


Dipersilahkan (sumonggo) keluarga ataupun lembaga (sekolah, sanggar belajar, ataupun komunitas) untuk menyertakan putra-putri dan handai-taulannya dalam kegiatan budaya yang diharapkan dapat memberikan kefaedahan. Kami berupaya untuk dapat selenggarakan insya Allah secara GRATIS. Untuk itu, dimohon keluangan waktu dan kesediaan siapapun juga untuk berkenan menjadi foluntair bagi penyelenggaraan kegiatan ini.

Baca Juga:  Kominfo Temukan Kuis Serupa Cambridge Analytica di Facebook

Syukur apabila ada dermawan, baik perorangan ataupun institusi yang berkenan menyumbangkan minuman, kue, fasiltas, barang untuk sekedar ‘hadiah’ bagi anak-anak, ataupun dalam bentuk bantuan dana – tanpa pretensi sebagai iklan, sponsor ataupun pencitraan, melainkan semata mitra kegiatan.

Segera kami unggah poster dan hal-hal teknis bagi pelaksanaan kegiatannya. Berkali kita selenggarakan acara “dari orang dewasa dan untuk orang dewasa“, maka kini tibalah saatnya kita berbagi dengan membuat acara “dari orang dewasa untuk anak“. Atas atensi, partisipasi dan kontribusi semua pihak bagi terselenggaranya kegiatan ini, kami mengucapkan beribu terima kasih. Senoga membuahkan kefaedahan. Salam ‘Cinta Bocah’.

 

Sengkaling, 5 Nopember 2017
Patembanyan Citralekha, JJM, dan siapa lagi (silahkan bergabung)

Sumber: Redy Eko Prastyo

Comments
To Top