Berita Pilihan

Mendikbud Muhadjir Effendy Mengunjungi Tempat Kelahiran Mobil Pertama di Dunia

Kunjungan Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy di Museum Mercedes (Gatra/Rohmat Haryadi/yus4)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memulai lawatannya ke Jerman dengan mengunjungi Musium Daimler / Mercedes-Benz di Taubenheimstraße 13, 70372, Stuttgart, hari ini. Dalam kunjungannnya itu Mendikbud didampingi Suryan Widati Muhadjir dan segenap jajaran pejabat dari Kemendikbud termasuk staf khusus. Termasuk Atase Pendidikan dan Kebudayaan DR. Ahmad Saufi.

Dalam kunjungan itu Mendikbud diajak tur untuk menyaksikan evolusi mobil Mercedes Benz mulai mesin pertama hingga sekarang. Ada 160 kendaraan yang dipamerkan termasuk generasi pertama yang pernah dibeli Susuhunan Pakubuwana IX dari Surakarta, Jawa Tengah pada 1926. Danny yang memandu rombongan Mendikbud mengatakan bahwa dari Indonesia dinyalakan karena biasanya harus antri.

Bangunan 7 lantai itu memang lengkap seri evolusi mobilnya. Tidak ada museum mobil selengkap di Mercy dimana perkembangannya tidak ada missing link. Stuttgart adalah rumah bagi dua merek mewah Mercedes-Benz dan Porsche. Musium Mercedes menghormati pendirinya, Karl Benz. Juga dikreditkan untuk pembuat mesin pembakaran pertama berbahan bakar gasolin Gottlieb Daimler.

116-jerman-rohmat

Benz memulai semuanya pada 1885, saat memasang mesin pembakaran internal hampir satu-tenaga kuda ciptaannya yang dia cangkokkan pada kereta tiga roda. Dan itu bisa dilihat di gedung dengan desain heliks ganda karya arsitek Belanda UNstudio, mencangkung seperti permata bulat di Mercedes Street itu. Museum mendokumentasikan semua perjalanan Benz. Untuk masuk museum yang dibuka pada 2006 itu pengunjung harus membayar 10 euro untuk dewasa dan 5 euro untuk anak-anak.


Baca:  Duo Google Pixel Anyar Meluncur, Apa Keunggulannya?

Bangunan ini menyediakan jalan melingkar lantai atas di atas lantai atas. Ruang pameran seluas 177.000 kaki persegi, dengan garis waktu yang dimulai di atas. Di sana bisa ditemukan mobil pertama karya Daimler.

Di mata abad 21, mobil-mobil itu terlihat hanya sebagai alat transportasi. Namun mesinnya adalah bukti jenius sejati dari orang-orang Jerman tersebut. Seiring kemajuan teknologi, mesin pembakaran internal membuat dunia bergerak cepat di bus, truk, kapal, kapal terbang, dan traktor. Dari truk pertama hingga mobil balap Mercy dipajang di sini. Seiring waktu mesin makin mungil dan kecepatan makin oke. Namun bermobil saat itu tetaplah tidak praktis karena mahal. “Harga gasolin saat itu US$90 per liter,” kata Danny.

Dalam beberapa tahun mobil mulai seperti mobil dan bukan kereta kuda – contoh museum 1902 40 HP, mobil bermerek Mercedes. Namun, industri ini menggunakan jenis gerbong untuk melihat modelnya, seperti phaeton (kereta ringan dan terbuka), rem pemotretan (kereta yang tahan untuk para gamekeeper dan olahragawan) dan cabriolet (kereta ringan dengan kap yang bisa dilipat dengan satu tenaga kuda). Bahkan dashboardnya adalah papan yang mengisolasi supir dari batu dan kotoran dari jalan.

Baca:  Orang Indonesia Perhitungan Sama Kuota

Dinding landai yang tengah juga merupakan bagian dari pameran. Lantai empat menyoroti keamanan berkendara.Dinding terbuat dari bahan poliamida, bahan kantung udara. Ini adalah satu-satunya museum di dunia yang bisa mendokumentasikan lebih dari 130 tahun sejarah mobil yang lengkap sejak hari pertama.

Mercedes-Benz Terus terang, museum itu bisa tampak luar biasa karena ada begitu banyak sejarah yang harus ditempuh dan begitu banyak mobil indah, seperti Coupe 300SL 1955, yang dikenal sebagai Gullwing. Anda akan tahu itu Mercedes adalah nama seorang putri pelanggan penting, Mercédès Jellinek (menariknya, Emil, akhirnya mengubah nama belakangnya menjadi Jellinek-Mercedes). Mengawinkan nama produsen dan pelanggan lahirlah merk Mercedes-Benz.

Capaian Mercedes itu bermula dari sebuah rumah kebun sederhana dimana Daimler melakukan pekerjaannya lebih dari 135 tahun yang lalu.Sebuah revolusi yang akan mengubah dunia dalam skala besar. Pada 1882, Gottlieb Daimler mengubah rumah kebun di halaman menjadi sebuah bengkel. Dia bekerja bersama rekan insinyurnya, Wilhelm Maybach.

Rencana besar mereka adalah pengembangan sistem penggerak universal untuk kendaraan yang bisa bergerak di darat, udara dan udara (ke depan disimbolkan bintang Mercedes-Benz / Mercy bersudut tiga). Mereka bekerja siang dan malam dalam kerahasiaan yang ketat untuk mewujudkan visi itu. Ketika polisi setempat membayar dua insinyur untuk menelisik pada suatu malam mereka hanya menemukan alat dan bagian mesin setumpuk koin uang mereka yang mereka harapkan.

Baca:  Facebook Siapkan Portal, Gadget untuk Video Chat?

Daimler dan Maybach tidak dibiarkan tidak melanjutkan prosesnya tanpa gangguan.Pada 1883 sudah mulai membangun mesin empat – langkah berkecepatan tinggi pertama di dunia. Dua penemu mencapai tujuan mereka pada 1885. Perkembangan mesin eksperimental kedua mereka, yang lebih kecil dan lebih ringan yang pertama – disebut Grandfather Clock – menjadi model bagi banyak pembuat mesin berikutnya. Baru dua bulan kemudian Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach memasang mesin itu ke gerbong yang sudah dikonversikan secara khusus. Itu adalah kelahiran mobil roda empat pertama di dunia.

Pada tahun 1984, bengkel Daimler direkonstruksi sebagai museum yang terbuka untuk umum. Jalan di ujung selatan taman umum Kurpark, dekat dengan pusat kota Bad Cannstatt dan Stuttgart. Model penemuan Daimler dipamerkan di tempat bersejarah ini.

Sumber: GATRAnews
Editor: Rohmat Haryadi

Comments
To Top