Artikel dan Tulisan

“IBU” Perpustakaan Pertama Seorang Anak

Dok. Facebook Muslikah

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan manusia secara sadar untuk mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, membangun kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Ada dua macam jenis pendidikan pendidikan formal maupun non formal. Nah kali ini saya akan sedikit mengulas tentang pendidikan non formal yaitu bimbingan belajar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bimbel.

Sebenarnya ini sedikit bercerita tentang kisah seorang ibu yang resah dengan anaknya nanti bagaimana memberikan pendidikan diluar pendidikan formal dan sulitnya mencari sebuah pekerjaan setelah sarjana. Di lain sisi banyak guru guru honorer juga mencari penghasilan tambahan dengan mengajar di sebuah bimbel bimbel.

Muslikah yang akrab disapa ulik, merupakan mahasiswa lulusan Universitas Jember dengan gelar S. Sos sempat menjadi seorag jurnalis dan akhirnya sekarang memutuskan untuk menjadi sesosok ibu yang baik bagi anak,nya. Semenjak menjadi ibu dia merasa khawatir dan resah, bagaimana membekali anaknya dengan pendidikan seperti apa di luar sekolah mengingat perkembangan dunia semakin pesat terlebih dalam bidang teknologi. Akhirnya dia memutuskan untuk membangusn sebuah bimbel (bimbingan belajar) dengan nama “Kreativa”. Selain itu dia juga mendirikan taman baca keliling yang dilakukan beberapa kali dalam seminggu untuk mengenalkan pendidikan pada anak anak di sekitar rumahnya. Berbekal tumpukan buku buku yang diwadahkan dalam keranjang dia mengayuh sepeda onthel keliling kampungnya untuk meminjamkan buku buku koleksinya.

taman baca keliling

Pertama kali Kreativa berdiri pada tahun 2015 diwilayah Wlingi Kabupaten Blitar dimana dia bertempat tinggal. Bermula dari lima orang guru akhirnyaKreativa ini berdiri di Jl. Semeru Gang I No. 48 Babadan Wingi. Lima orang guru sengai pengajar bimbingan belajar privat dan ulik sendiri sebagai manageman merangkap marketing maklum biasanya kalau owner itu mesti rela merangkap dulu untuk membangun sesuatu hal yang di impikan.


Baca Juga:  Harga Pasar Xiaomi Redmi 5A Melonjak, Ini Tanggapan Erajaya

taman baca

Waktu terus berjalan hingga saat ini “Kreativa” sudah membuka cabang masih disekitar wilayah Wlingi raya dan satu tempat di wilayah Kota Blitar. Untuk diwilayah Wlingi terletak di Jl. Panglima Besar Sudirman Beru Wlingi, khusus yang disini berfokus pada anak anak TK sederajad dengan nama “Kreativa Junior” sedangkan di wilayah Kota Blitar berada di Jl. Veteran Gang Buntu No.9 dikhususkan untuk tingkat SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Ini sedikit ceritaku tentang sesosok ibu yang yang ingin memberikan hal yang terbaik bagi masa depan anaknya dikemudian hari. Semoga menjadi inspirasi bagi ibu ibu yang sedang dalam proses memberikan bimbingan kepada buah hatinya. “Perpustakaan Pertama Seorang Anak Adalah Ibunya”.

Comments
To Top