Animasi & Design

Sekilas Tentang “Ublek”

Logo Ublek
by: Santoso I

“Ublek” , taukah sobat apa itu ublek? Ya “Ublek” merupakan sebuah benda yang berfungsi sebagai penerangan, dalam bahasa Indonesia disebut sebagai “Lentera” sedangkan dalam bahasa Inggris disebut “Lantern”. Nah “Ublek” ini dari bahasa manakah sobat? Ya benar sekali, kata “Ublek” ini berasal dari bahasa daerah Jawa, orang tua jaman dahulu menyebut sebuah wadah minyak (bahan bakar) dengan tutup diatasnya terdapat lubang yang disumbat dengan kain (sumbu) lalu ujung kain yang atas dibakar agar menghasilkan nyala api seperti konsep lilin atau obor disebut “Ublek”.

Sekilas tentang asal usul kata “Ublek” mengantarkan kedalam konsep membuat sebuah wadah ekspresi seni grafis. Seperti dikutip dari Journal Online Universitas Negeri Malang Seni grafis cetak tinggi merupakan seni murni dua dimensi dikerjakan dengan teknik cetak baik yang bersifat konvensional maupun melalui penggunaan teknologi . Teknik cetak konvensional antara lain :(1) Cetak Tinggi (Relief Print) : woodcut print, wood engraving print, lino cut print, kolase print, (2) Cetak Dalam (Intaglio) : dry point, etsa, mizotint,sugartint, (3) Cetak Datar (Planography), dan (4) Cetak Saring (silk screen ).

Terkait dengan seni grafis, “Ublek” berfokus pada seni grafis cetak saring (silk screen) atau yang lebih dikenal dengan sablon merupakan seni grafis dua dimensi. Berawal dari pemikiran pendirinya “mungkin akan lebih asik jika bisa sablon sendiri, bisa memakai pakaian karyanya sendiri” sebuah wadah seni grafis silk screen terlahir.

Dalam wadah itu ada dua manusia Irfan Santoso (pendiri) dan rekanya Anton Dwi Jatmiko yang aktif berkarya mengekspresikan ide ide kreatifnya dalam sebuah produk seni grafis silk screen ke media kain. Seiring berjalanya waktu perkembangan “Ublek” merambah ke nilai ekonomis dengan menerima jasa sablon dan penjualan tshirt. Sehubungan dengan tshirt and merchandise “Ublek” memiliki mitra on line store  Indonesian_Merch yang didirikan sejak tahun 2013 oleh Villa Dwi Erwanto

Sampai saat ini “Ublek” sudah memiliki sejumlah protofolio yang dapat dilihat di InstagramFacebookTwetterTumblrFlickr untuk produk produk yang akan dikembangkan kedepan “Ublek” akan berkarya lagi dalam seni grafis yang kreatif untuk menambah portofolio dan memoles keahlian dalam berkarya menciptakan sebuah produk produk dalam dunia seni grafis.

Comments
To Top