Berita Pilihan

Sekilas dan Deskripsi tentang Telegram dan Whatsapp

tele&wa

Kebanyakan orang yang gemar mengirim pesan melalui aplikasi messenger tentu sudah mengenal Whatsapp, akan tetapi belum banyak orang yang mengenal Telegram. Kehadiran Telegram di kancah aplikasi messenger telah mengundang perhatian para pengguna aplikasi messenger dan para pengembang aplikasi messenger, termasuk Whatsapp.

Apa kelebihan dan kekurangan Telegram dibandingkan dengan Whatsapp, sehingga Telegram mendapat perhatian dari Whatsapp (sebagai pesaing)?

Kekurangan Telegram :

  1. Belum memiliki fitur voice call.
  2. Menurut Telegram fitur voice call mungkin akan diterapkan di masa akan datang. Untuk saat ini Telegram fokus pada pengiriman pesan, media ukuran besar, dan file.

Kelebihan Telegram :

  1. Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis. (tidak akan pernah ada iklan atau biaya lain untuk selamanya)
  2. Telegram mengirim pesan lebih cepat. (Telegram berbasis cloud)
  3. Telegram lebih ringan ketika dijalankan. Ukuran aplikasi yang lebih kecil.
    Telegram versi v3.3.1 untuk android yang dikeluarkan pada 25 November 2015 memiliki ukuran 16.00MB (16,775,108 bytes).
    WhatsApp Versi 2.12.373 yang dikeluarkan pada 24 November 2015 memiliki ukuran 23.81MB (24,968,597 bytes).
  4. Telegram dapat diakses dari berbagai perangkat termasuk diantaranya : telepon genggam, tablet, komputer, laptop dan lain-lain secara bersamaan. Telegram adalah aplikasi messenger berbasis cloud sehingga proses sinkronisasi terjadi dengan mulus. Apabila pengguna sedang menggunakan komputer atau laptop, aplikasi Telegram pada telepon genggam tidak perlu aktif sehingga lebih menghemat batere.
    Pada 21 January 2015, Whatsapp meluncurkan Whatsapp Web, yaitu aplikasi Whatsapp berbasis web. Sehingga kita dapat menggunakan Whatsapp melalui komputer pc atau laptop. Akan tetapi proses sinkronisasi data dilakukan terhadap smartphone sehingga mengharuskan smartphone tetap aktif pada saat bersamaan.
  5. Telegram mengijinkan kita berbagi foto, video, file (doc, zip, mp3, dan lain-lain) dengan ukuran maksimum 1.5 GB per file. Whatsapp hanya mengijinkan foto, video dengan ukuran maksimum 16 MB.
  6. Groups pada Telegram memiliki kapasitas 200 orang dan dapat diupgrade menjadi Supergroups dengan kapasitas sampai 1000 orang. Whatsapp groups berkapasitas maksimum 100 orang.
  7. Fitur Channel pada Telegram. Proses penyiaran (broadcasting) dilakukan dengan benar menggunakan Channel. Channel dapat menampung jumlah anggota tak terbatas. Whatsapp tidak memiliki fitur untuk menangani penyiaran/broadcasting.
  8. Fitur Stickers pada Telegram.
    – Gratis.
    – Cepat: Telegram menggunakan format WebP untuk stickers sehingga sticker ditampilkan 5x lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi messenger lainnya.
    – Sangat mudah untuk membuat stickers sendiri.
  9. Fitur Bot pada Telegram. Bot adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan orang atau dikenal dengan Robot). Bot biasanya memiliki fitur AI (Artificial Intelligence / kecerdasan buatan). Bot dapat melakukan apa saja: mengajar, bermain game, melakukan pencarian, melakukan penyiaran, mengingatkan, menghubungkan, integrasi dengan layanan lain, dan segala macam hal internet yang dapat anda bayangkan.
  10. Telegram lebih aman. Untuk penggunaan biasa, Telegram lebih aman dibandingkan dengan Whatsapp. Apabila Anda paranoid soal keamanan, maka Telegram memiliki fitur secret chat yang jauh lebih aman. EFF www.eff.org (Electronic Frontier Foundation, sebuah organisasi nonprofit untuk kebebasan masyarakat di dunia digital, termasuk menyoroti hal privacy) memberi penilaian terhadap bermacam aplikasi messenger menggunakan 7 kriteria.

 

Telegram membuat group chat lebih hidup dengan fitur Replies, Mentions, Hashtags, Forwards.

  1. Reply berguna untuk membalas chat tertentu dari seseorang dengan ikut menyertakan chat tersebut dalam balasan.
  2. Salah satu kegunaan mention (dengan format @username) pada chat group adalah apabila ada hal yang penting untuk diketahui orang yang di-mention, maka orang tersebut akan mendapatkan notification (pemberitahuan) walaupun orang tersebut mematikan notification (mute) dari group yang bersangkutan.
  3. Bagi yang sudah terbiasa dengan dunia internet tentu sudah mengenal hashtag. Hashtag membuat chat pada group lebih terstruktur. Kata yang dimulai dengan # apabila diklik atau di-tap akan menghasilkan daftar hasil pencarian sesuai dengan kata tersebut.
  4. Kita dapat memberikan komentar pada bagian bawah dari chat yang akan di-forward.

Perang Whatsapp dengan Telegram telah dimulai:

  • Sejak 30 November 2015, aplikasi Whatsapp untuk android melakukan blokir terhadap tautan (link) Telegram, sehingga tidak dapat diklik dan tidak dapat di-copy.
  • Facebook menutup akun resmi Telegram di facebook yang beralamat www.facebook.com/tlgrm.
  • Pada 19 Febuari 2014, Facebook meng-akuisisi Whatsapp dengan nilai 19 millyar US dollar. Dengan kata lain, Facebook adalah pemilik Whatsapp.

Komentar Anda

Komentar

Comments
To Top