Artikel dan Tulisan

Secuil Pesona Blitar, Ayo Kesini Sobat

Potret Candi Penataran Saat Festival Purnama Seruling Penataran Tahun 2013 Dok. Penulis

Blitar nama daerah yang sangat singkat dengan slongan “Kutho Cilik Sing Kawentar” artinya sebuah kota kecil yang menggema. Bagaimana tidak sebuah kota kecil yang penuh dengan keanekaragman seni budaya bahakan Presiden pertama kali Republik Indonesia pun disemayamkan daerah ini. Berbagai kesenian sosial budaya mulai tradisional hingga kontenporer juga ikut meramaikan nama Blitar. Dalam kontek Sejarah Nasional daerah ini juga sangat terkenal kalain tahu kenapa sobat? Ya benar… ada bangunan Candi Palah (Candi Penataran) sebuah kompleks candi terbesar di Jawa Timur. Nah apalagi coba yang nggk bikin nama Blitar menggema di berbagai wilayah Indonesia bahkan mancanegra?

Namun, itu semua akan hanya sekedar cerita belaka wahai sahabat trevelista, Backpacker, mlaku-mlaku, dolan-dolan, tindak-tindak, apa aja deh yang menyukai perjalanan. Kenapa aku bilang seperti itu bukan karena aku tak suka Blitar, kalau aku tak suka kan nggak mungkin dong aku betah disini (Blitar) hehehhe….

Semua cerita yang indah, menggema, menarik di Blitar akan hanya sekedar cerita, kalau kalain tidak membuktikanya sendiri kesini kalian tak akan menemukan sesuatu hal yang asik kalo hanya sekedar mendengarkan cerita saja tidak kesini.

Ini ni ya aku kasih tahu lagi beberapa yang menarik di blitar, masyarakatnya ramah tamah, yang suka dengan alam ada lebih dari 10 pantai yang berda diselatan dengan ombak besar ya cukup membuatku merasa takut juga. Mau wisata religi? Ada makam bungkarno, makam gantung, mau wisata sejarah? Waduh lebih banyak lagi itu ada Candi Penataran, Sawentar, Kalicilik, Simping, agak ke sejarah perteganhan ada museum yang lebih dikenal dengan istana gebang,

Nah kan, mau apa lagi? Penikmat kopi? Ada juga sahabat. Namanya Robusta Blitar, kebetulan aku juga suka kopi tapi juga ya tak mahir mahir banget menilai rasa kopi namun kalian haru tahu Robusta Blitar ini saya rasa enak pasa untuk kalangan muda kaya aku gini atau kalangan penikmat kopi lainya. Nah hayo, yang suka kopi langsung penasaran dimana ya dimana ya? Enggk usah bingung sahabat, dan ini mudah tempatnya di Blitarwilyah Utara ada sebuah perkebunan Harta Mulia (orang sini menyebutnya Kebun Karanganyar) nah ini lagi hits hitsnya sekarang ini, selain akan dibuka wisata disana ada sebuah kedai kopi dengan ciri khas Robusta Blitar asli hasil perkebunan situ lo.


Baca Juga:  Telegram - New era Messenger

Nah itu sobat, mau berkunjung disini? Aduh kalau nggak kesini, pasti nyesel nanti hehehe

Sampai sini dulu sobat nanti aku bagi bagi lagi soal cerita Blitar. Waiting for story!!!

Comments
To Top